Beranda > penyakit ayam, Perawatan ayam serama > Penyakit Ayam Serama (2)

Penyakit Ayam Serama (2)

Penyakit Cacing

Kandang yang tidak terjaga kebersihannya membuat serama rentan terkena cacingan. Gejala cacingan dapat dilihat dari nafsu makan yang berkurang. Ketika diberi makan ayam yang terkena cacingan biasanya diam atau hanya sesekali mematuk pakan.

Segera berikan obat cacing pada ayam tersebut. Beberapa orang memberi obat herbal berupa serbuk biji pinang yang dicampur bahan herbal lain. Obat tersebut hanya diberikan sekali. Bila dalam beberapa hari kondisi ayam belum membaik obat diberikan kembali. Obat cacing selain herbal juga banyak dijual poultry shop. Bacalah aturan pakainya.

Cacing pada serama akan menyebabkan tubuh serama kurus, mata berair dan bisa menyebakan mudahnya penyakit menyerang ayam serama. Maka perlu sekali menjaga kebersihan kandang, mengganti air minum tiap hari dan menjemur ayam serama tiap pagi hari.

Cara terbaik mencegah ayam serama cacingan adalah dengan mejaga kebersihan daerah lingkungan tinggal serama. Selain itu kandang harus tinggi dari tanah. Beberapa obat cacing yang sering digunakan adalah piperazine (cacing gelang dan cacing usus buntu), tetramizole ( cacing tambang), pyrantel tartrate (cacing gelang). Pemberian obat dilakukan secara oral melalui minuman. Sebaiknya obat cacing diberikan  bulan sekali diteruskan 3 bulan sekali, ini untuk pencegahan.

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: